12 January 2022 10:41 WIB

Demi Keselamatan: Cek 4 Aspek Utama Rem Mobil

Penggunaan rem pada mobil adalah wajib. Karena rem adalah satu-satunya cara aman untuk menghentikan laju mobil yang berjalan. Apalagi pada saat musim hujan ini, dimana rem mungkin harus bekerja dengan lebih keras dari biasanya.

Ada 4 aspek utama pada rem yang PT Hyundai Mobil Indonesia sarankan Hyundai Lovers untuk mengeceknya. Keempat komponen tersebut adalah:

1. Kampas Rem

Kampas rem adalah komponen rem yang paling sering harus diganti karena tingkat keausan tinggi. Hal ini karena kampas rem menggunakan gaya gesek untuk menghentikan laju mobil ke piringan rem. Sehingga, disarankan untuk dicek setiap 20.000Km. Kampas rem sebaiknya diganti bila ketebalannya sudah dibawah 3,2mm.

2. Piringan Rem

Piringan rem juga akan habis, namun lebih pelan alias butuh waktu. Piringan ini sendiri bisa bertahan hingga 80.000 Km atau bahkan lebih tergantung pemakaian. Namun sebaiknya dicek disaat bersamaan dengan kampas rem. Kampas rem bisa diperbaiki, misalnya saat permukaannya tidak rata dan membuat rem bergetar. Sebab kampas rem bisa dibubut sebagai alternatif. Namun bila sudah tipis, maka harus diganti.

Baca juga: Pahami Arti DOT Pada Minyak Rem

3. Minyak Rem

Minyak rem juga ada masa pakainya. Bila sering digunakan untuk pengereman berat yang membuatnya panas, maka akan lebih cepat habis. Lalu minyak rem juga menyerap air dari udara sehingga performanya akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Untuk itu, kami menyarankan melakukan penggantian setiap 5 tahun atau 40.000 Km.

4. Selang Rem

Selang rem seringkali dilupakan. Padahal ini adalah media satu-satunya kekuatan hidrolik rem dari pedal dan master rem menuju kaliper. Selang rem sebenarnya tidak ada masa pasti batas penggunaannya. Tetapi, bila sudah mulai retak, getas, atau terlihat benjol, sebaiknya diganti sebelum pecah. Bila pedal terasa aneh, bisa juga disebabkan oleh selang rem yang bermasalah.

Tentunya untuk melakukan perbaikan, bisa mempercayai servis dari bengkel resmi Hyundai. Apalagi, sekarang Hyundai Lovers bisa melakukan Booking Service melalui link berikut: https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

 

Share