14 July 2022 10:10 WIB

Dop Velg Bukan Hanya Untuk Gaya

Pada setiap velg mobil, bisa dipastikan velg tersebut memiliki dop atau istilah bahasa Inggrisnya “Center Cap”. Pada velg standar seperti pada mobil Hyundai, dop tersebut juga sebagai tempat meletakkan logo.

Dop sendiri bisa dilepas pasang, kebanyakan pengguna pun tetap memasangnya untuk alasan estetika. PT Hyundai Mobil Indonesia pun merekomendasikan demikian.

Baca juga: 4 Penyebab Timbulnya Karat Pada Mobil

Karena, dop velg tidak hanya berfungsi sebagai ornamen estetik saja. Memang, velg akan terlihat aneh karena bolong di tengah, tetapi alasan utamanya, karena dop velg memiliki fungsi proteksi.

Dengan adanya dop, maka kotoran dan air akan lebih sulit masuk ke area dalam velg, melindungi baut spindle maupun laher roda. Jika terlindungi, maka kedua komponen tersebut akan semakin bertahan lama.

Ditambah, dop velg juga akan mencegah terbentuknya karat di area as roda yang menempel pada velg, membuat mobil terlihat lebih rapih.

Semoga bermanfaat ya Hyundai Lovers. Dop velg memang kecil, namun terkadang detail kecil seperti ini memiliki fungsi yang besar dan berarti.