14 June 2022 09:08 WIB

4 Penyebab Timbulnya Karat Pada Mobil

 

Karat adalah sebuah musuh besar bagi mobil maupun peralatan besi lainnya. Bila terlalu dalam, maka karat tidak akan bisa dihilangkan dan memerlukan operasi besar. Anggaplah karat seperti kanker pada besi.

Tentunya, jika bicara karat, lebih baik melakukan pencegahan agar tidak muncul dan menyebar. Untuk mengetahuinya, maka PT Hyundai Mobil Indonesia akan jabarkan beberapa penyebab utama terbentuknya karat sehingga bisa dihindari.

1. Melewati Banjir

Banjir adalah salah satu penyebab utama karat, apalagi bila masuk hingga ke dalam bagian bodi. Jika volume air besar dan mulai memasuki area sempit pada mobil, maka air tersebut akan tertampung dan pelan-pelan menyebabkan karat pada mobil.

2. Area Laut

Area laut mengandung banyak garam, bahkan di udaranya. Sehingga karat akan lebih mudah terbentuk. Jika Anda tinggal di area pantai atau dekat laut, maka sebaiknya memberikan proteksi tambahan pada mobil untuk mencegah karat.

Baca juga: Rem Karatan? Inilah Cara Mudah Menghilangkannya

3. Air Terperangkap

Banjir tidak hanya menjadi penyebab utama karat. Karat juga bisa terbentuk karena ada air yang terperangkap, misalnya karena hujan lebat dan saluran pembuangan air pada mobil mampet. Jika ada indikasi kumpulan air, lebih baik segera cari penyebabnya. Tentunya bisa juga di cek di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia.

4. Baret Dalam

Ketika cat mengalami kerusakan, misalnya baret yang cukup dalam, maka akan mengelupas cat hingga bagian besinya. Baret dalam ini juga bisa disebabkan karena kerikil yang terlempar ke bodi mobil, utamanya dekat area fender. Jika besi dibiarkan begitu saja tanpa lapisan, maka bisa menyebabkan karat. Sehingga, jika ada baret dalam dan besi sampai terlihat, segera perbaiki. PT Hyundai Mobil Indonesia juga memiliki layanan Body & Paint seperti pada jaringan Hyundai Simprug. Anda bisa mengecek layanan pada jaringan lainnya pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact.

 

Share