12 June 2021 10:57 WIB

Ganti Oli Sebelum Waktunya? Perhatikan 2 Hal Penting Ini

Oli mesin haruslah diganti, ini dilakukan karena performanya terus berkurang seiring dengan berjalannya pemakaian. Biasanya, oli direkomendasikan untuk diganti setiap 10.000 km. Tetapi, ada baiknya juga untuk menggantinya sebelum waktunya loh Hyundai Lovers.

Hal ini karena mesin tidak selalu menggunakan satuan kilometer untuk menentukan waktu operasinya. Karena ketika diam, masilnya terjebak macet, mesin akan tetap berputar meskipun kilometer tidak bertambah. Ini yang dinamakan dengan engine hour effect.

Ketika mesin beroperasi, tentu oli akan mengalami degradasi. Sehingga, jika semakin sering terkena macet, ada baiknya mobil melakukan penggantian oli lebih cepat dari rekomendasinya.

Karena lebih akurat bila waktu operasi mesin dihitung berdasarkan engine hour atau jam kerja mesin.

Lalu bila mobil baru digunakan untuk sebuah perjalanan yang berat, misalnya menaiki gunung dengan beban yang banyak sehingga mesin lebih terpacu, ada baiknya juga menjadwalkan servis dalam waktu dekat untuk mengganti oli. Hal ini karena beban mesin ekstra tersebut juga bisa mendegradasi oli mesin, memperpendek umur oli.

Waktu juga bisa menentukan umur oli. Meskipun mobil jarang digunakan, oli bisa menggumpal bila dibiarkan. Untuk itu, meskipun mobil jarang digunakan, tetaplah lakukan penggantian oli setidaknya 6 bulan sekali.

Tentunya ketika melakukan servis, bengkel resmi Hyundai lah yang paling mengerti mobi Hyundai kesayangan Anda.

 

Share