14 November 2021 20:51 WIB

Hyundai i30 Fastback N Terpilih Jadi Safety Car WBSK Mandalika

Ajang motorsport di Indonesia kini sedang ramai diperbincangkan karena Indonesia resmi menjadi tuan rumah ajang World Superbike (WSBK) di sirkuit baru, yaitu Sirkuit Mandalika, Lombok.

Tentunya, dalam setiap ajang motorsport, terutama balap di sirkuit, selalu ada safety car yang berperan untuk menjaga keselamatan para pembalap agar balap dapat berlangsung dengan lancar.

Bahkan, pada ajang WBSK, seorang dokter selalu ikut di kursi penumpang agar bisa merespon keadaan darurat dan memberikan bantuan pertama.

Untuk ajang WBSK, rupanya mobil yang diandalkan sebagai safety car adalah sebuah Hyundai i30 Fastback N. Mobil ini pun memang menjalankan tugasnya dari tahun 2019 hingga tahun 2023 nanti.

Hyundai i30 Fastback N sendiri merupakan salah satu mobil hasil pengembangan divisi performa Hyundai, yaitu divisi N. N sendiri dipilih karena merupakan huruf pertama Kota Namyang dimana pusat R&D Hyundai terletak dan sekaligus menjadi tempat dibentuknya Hyundai N. 

Selain itu, N juga merepresentasikan Nurburgring dimana Hyundai banyak mengetes performa mobil mereka.

Baca juga: Hyundai “N” Memberikan Performa Ekstra Dari Mobil Hyundai

Hyundai i30 Fastback N dibuat agar memberikan tampilan yang lebih sporti dari tipe hatchback yang pertama kali keluar, hal ini terlihat dari bentuk atapnya yang melandai dengan kesan coupe.

Tidak hanya tampilan, Hyundai i30 Fastback N juga memiliki performa untuk mendukung tampilannya. Sebuah unit 2.000cc turbo dengan tenaga hingga 280 PS dan torsi 392 Nm hadir dalam mobil ini menggerakan roda depan.

Performa pengendalian mobil ini juga luar biasa. Bahkan, media Autocar menilai mobil ini sebagai sebuah “Game Changer”. Apalagi mengingat divisi N dipimpin oleh Thomas Schemera, seorang engineer yang sangat berpengalaman mengembangkan mobil sport Eropa yang terkenal bertenaga dan lincah.

Untuk memaksimalkan fungsi Hyundai i30 Fastback N, maka ada beberapa modifikasi yang dilakukan. Misalnya livery safety car yang terinspirasi dari livery Hyundai N, light bar belakang yang dibuat untuk aerodinamika dan agar pembalap mudah mengikuti safety car, jok bucket Sabelt, velg forged dari Braid berukuran 19 inci, ban khusus Pirelli P Zero, serta kampas rem Pagid untuk memaksimalkan performa Hyundai i30 Fastback N.

Dengan performa ini, tidak heran jika Hyundai i30 Fastback N terpilih menjadi safety car ajang WBSK. Karena ingat, safety car perlu performa tinggi yang jarang ditemui pada mobil lain.