21 September 2023 07:33 WIB

Kipas Pendingin: Sumber Suara Hyundai Ioniq 5 Saat Isi Daya

Ketika melakukan pengisian daya baterai Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6, terkadang mungkin terdengar seperti suara yang ditimbulkan dari area kolong mobil. Apakah suara tersebut normal? Jika suaranya terdengar seperti angin, maka jawabannya iya. 

Pengisian daya baterai mobil elektrik tidak semudah yang dibayangkan. Sama seperti smartphone, baterai mobil elektrik akan mengalami panas ketika diisi dayanya, apalagi pada model Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6 yang bisa diisi dayanya dengan 800V untuk pengisian sangat cepat.

Tentu baterai akan menjadi panas. Panas ini sendiri bisa berdampak negatif pada baterai sehingga harus dijaga suhunya. Oleh karena itu, Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6 mungkin mengeluarkan suara saat diisi dayanya.

Baca juga: Efek Engine Braking Pada Hyundai Ioniq 5

Suara tersebut ditimbulkan dari kipas pendingin baterai. Ketika daya diisi, kipas akan otomatis menyala untuk meregulasi suhu baterai agar tidak terlalu panas. Suhu baterai yang stabil ini akan membuat baterai lebih tahan lama dan tentu lebih aman.

Baterai Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6 pun tentu sangat aman karena sudah melalui pengujian ketat, mulai dari tes banjir, hingga tes bakar. Anda pun tidak perlu khawatir menggunakan Hyundai Ioniq 5 maupun Hyundai Ioniq 6.

Mau bertanya-tanya terkait lini mobil Hyundai? Yuk tanyakan lewat layanan PT Hyundai Mobil Indonesia yakni Hyundai DITA. Tanya DITA melalui https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.