19 December 2020 22:35 WIB

Komponen Mobil Listrik Hyundai Perlu Dirawat Dan Diganti Berkala

Mobil harus selalu dirawat untuk menjaga kondisinya agar selalu layak jalan dan memberikan performa yang maksimal. Hal tersebut bisa ditempuh dengan melakukan servis rutin yang disarankan setiap interval tertentu.

Namun, bagaimana dengan mobil listrik? Mobil listrik seperti Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric tidak menggunakan komponen yang harus diganti seperti oli dan komponen yang bergerak pun lebih sedikit. Jadi, apa benar mobil listrik tidak perlu diservis?

Jawabannya adalah salah besar. Mobil listrik memang tidak memerlukan perawatan sebanyak mobil pembakaran internal. Tetapi, bukan berarti mobil tersebut bebas perawatan. Masih ada beberapa komponen yang harus dirawat dan diganti secara berkala.

Komponen yang harus dicek antara lain adalah radiator yang digunakan untuk mendinginkan baterai dan motor listrik karena meskipun tidak terlalu panas, motor listrik tetap menghasilkan panas yang perlu didinginkan.

Selain itu, gigi Speed Reducer juga menggunakan oli layaknya transmisi pada umumnya. Untuk itu, oli tersebut juga harus diganti setelah interval kilometer tertentu.

Saat servis pun, komponen lain pada mobil listrik akan terus dicek melalui sistem GDS agar terlihat kondisi pastinya. Komponen yang dicek seperti baterai maupun controller.

Sistem elektrikal dan mekanikal lain pada mobil pun turut dicek saat melakukan servis seperti komponen suspensi maupun elektrikal dalam kabin.

Tentunya, mobil listrik merupakan mobil yang cukup spesial sehingga tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Untuk itu, pastikan mobil listrik Hyundai kalian terus diservis di bengkel resmi Hyundai terdekat ya.