10 May 2022 10:32 WIB

Lampu ABS Menyala, Apa Yang Perlu Dilakukan?

Lampu peringatan pada dashboard memang terkadang mengagetkan. Pada kondisi baru menyala, semua lampu pasti akan menyala untuk memastikan tidak ada bohlam yang mati. Nantinya, semua lampu akan kembali mati.

Namun misalnya ada lampu indikator ABS yang menyala. Lantas apa arti lampu tersebut dan apa yang perlu dilakukan?

Pertama-tama, lampu ABS adalah indikasi malfungsi pada sistem Anti Lock Brakes. Ketika menyala, maka fungsi ABS akan terganggu atau mungkin tidak berfungsi. Sehingga, Hyundai Lovers perlu sedikit berhati-hati ketika mengerem. Namun, fungsi rem akan tetap berjalan normal.

Lantas, apa hal yang perlu dilakukan ketika indikator ini menyala? 

1. Nyala Matikan Mesin

Pertama-tama, Hyundai Lovers bisa coba menyalakan dan mematikan mesin. Hal ini untuk memaksa ECU dari mobil membaca kembali dan melakukan diagnosa ulang.

2. Bersihkan Area Rem

Jika lampu tetap menyala alias tidak hilang, maka Anda bisa mengecek dan membersihkan area rem. Biasanya, sensor kecepatan seringkali terkena kotoran sehingga membuat ECU tidak bisa membaca kecepatan tiap roda untuk menjalankan sistem ABS. Cobalah cuci mobil dan fokus ke area roda dan rem.

Baca juga: Bengkel Resmi Hyundai Selalu Pastikan Double Check

3. Cek Ke Bengkel Resmi Hyundai

Bila tidak hilang juga, sebaiknya Hyundai Lovers mendatangi bengkel resmi Hyundai untuk melakukan pengecekan maupun perbaikan. Dengan adanya sistem OBD, maka akan terbaca secara pasti sistem apa yang mengalami malfungsi dan bisa langsung diperbaiki.

Jika Anda membutuhkan bantuan bengkel resmi, maka Anda bisa menggunakan layanan Booking Service dari PT Hyundai Mobil Indonesia pada https://hyundaimobil.co.id/booking-service