11 October 2023 09:43 WIB

Lampu Bahan Bakar Menyala? Ini Sisa Jarak Tempuhnya

Tangki bahan bakar pada mobil Hyundai memang sebaiknya tidak sering kosong. Karena ketika tangki kosong, maka berpotensi menimbulkan endapan yang bisa tersedot oleh fuel pump.

Namun pada kondisi tertentu, tangki bisa saja kosong atau sedikit sampai lampu peringatan menyala, misalnya perjalanan yang cukup jauh dan jumlah SPBU yang sedikit. Sehingga ketika lampu bahan bakar menyala, berapa jarak tempuh sisa yang dimiliki mobil?

Pada mobil Hyundai terkini, hal ini sebenarnya tercantum pada Multi Information Display pada bagian “range” atau “sisa jarak tempuh”. Biasanya jarak tempuh akan berkisar 40-50 Km tergantung konsumsi BBM.

Hal ini bisa diperkirakan karena lampu peringatan bahan bakar biasanya menyala ketika hanya tersisa 5 liter BBM pada tangki. Untuk kondisi dalam kota, tentu relatif aman karena jarak SPBU yang berdekatan. Dengan asumsi konsumsi 12 Km/L, maka sisa jarak tempuh amannya adalah sekitar 60 Km.

Bagaimana dengan kondisi luar kota? Tetap aman, apalagi mobil Hyundai bisa lebih irit pada rute luar kota atau tol. Beberapa teman dari komunitas Hyundai Stargazer membuktikan Hyundai Stargazer mampu meraih lebih dari 20 Km/L. Sehingga jarak tempuh aman maksimal bisa mencapai 100 Km.

Baca juga: 5 Masalah Mobil Bila Injektor Mesin Mampet

Mengapa disebut jarak tempuh aman maksimal? Karena sebenarnya masih ada sisa bahan bakar ketika range menunjukkan 0. Namun jaraknya sulit diprediksi karena sedikitnya sisa bahan bakar.

Untuk itu PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan untuk melakukan pengisian bahan bakar ketika indikator BBM sudah berada pada posisi ¼ untuk berjaga-jaga serta kondisi tangki yang lebih baik.