23 September 2018 03:00 WIB

Memperbaiki Bumper Penyok Bisa Dikerjakan Sendiri, Asal..

Berkendara dengan mobil di daerah perkotaan yang padat tentu Anda pernah mengalami yang namanya kecelakaan ringan, seperti bumper mobil penyok. Bumper mobil, baik di depan maupun di belakang menjadi komponen yang rawan rusak. Dengan material plastik, saat terbentur mobil lain atau mengenai benda ketika perjalanan membuatnya mudah penyok sehingga mengurangi estetika tampilan mobil.

Sebenarnya Anda tak perlu panik. Tepis dulu pikiran membawa ke bengkel ketok magic atau menghubungi penyedia layanan asuransi. Mengatasi bumper mobil yang baret atau penyok ternyata beragam caranya yang dapat Anda lakukan sendiri. Utamanya agar tak perlu keluar ongkos perbaikan, karena di asuransi pun pasti Anda tetap mengeluarkan biaya. Belum lagi mobil harus menginap di bengkel beberapa hari.

Untuk mengembalikannya ke posisi semula, biasanya menjadi pekerjaan bengkel reparasi bodi. Namun beberapa waktu lalu sempat beredar teknik membetulkan bemper plastik yang hanya bermodalkan air panas.

Cara ini memang tradisional untuk perbaiki bodi yang penyok. Tapi harus diingat, air panas hanya digunakan untuk bumper saja, karena materialnya plastic. Meski mudah dan murah, namun ternyata ada efek buruk dari menyiram air mendidih ke bodi plastik. Bahakan bisa lebih parah bila yang mengerjakan bukan tenaga ahli atau orang yang sudah terbiasa melakukannya.

Air panas memang bisa mengembalikan bodi plastik yang penyok, tapi hasilnya tidak akan sempurna. Selain itu bila terlalu panas juga bisa membuat cat bodinya justru mengelupas, begitu juga saat kena mika lampu bisa bikin warnanya berubah, tidak jernih lagi.

Hasil paling sempurna membetulkan bodi plastik yang penyok sebenarnya dilakukan menggunakan heat gun. Metodenya dipanaskan dari luar lalu secara berlahan ditarik hingga lekukan bumper akan kembali ke posisi semula.

Tapi untuk mendapat hasil yang sempurna, cara paling aman adalah membawa mobil ke bengkel. Karena di bengkel perbaikan bodi apalagi yang resmi, peralatan yang digunakan pasti modern dan teknisinya bersertifikasi. Sehingga hasilnya pun akan sempurna karena digaransi oleh pihak bengkel.