18 February 2019 08:00 WIB

Menakar Habisnya Freon Pada AC Mobil

Bukan rahasia umum lagi, jika pada mobil ketika AC dinyalakan dan kabin mobil tidak dingin maka yang disalahkan adalah habisnya freon. Hal ini seperti sudah menjadi sumber utama dari tidak dinginnya AC mobil. Padahal sebenarnya freon pada AC mobil itu tidak mungkin habis.

Karena freon berfungsi sebagai cairan utama pada sistem AC yang dapat mengubah gas melalui evaporator. Jangka waktu umur freon AC mobil bervariasi tergantung pemakaian. Tidak ada waktu pasti berapa jangka waktu umur freon AC mobil. Semuanya tergantung penggunaan. Namun, biasanya freon AC mobil ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Lantas bagaimana cara agar pemilik mobil bisa tahu saat freon AC tersebut sudah habis? Sebenarnya freon ini tidak bakal habis kalau tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil Anda. Nah, simak cara mengetahui kapan freon AC sudah habis berikut ini.

Sekali lagi, penyebab habisnya freon AC itu adalah adanya kebocoran pada sistem AC itu sendiri. Biasanya memang karena faktor umur. Sebab, dalam sistem AC itu ada beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain diantaranya kompressor, kondesor, receiver drier, dan evaporator.

Freon habis, biasanya juga disebabkan karena adanya kebocoran atau kerenggangan pada karet seal di sambungan selang dan pipa sehingga freon bocor. Bisa juga akibat ada lubang pada selang maupun pipa. Solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan mencari penyebab kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang freon AC mobil anda.

Bisa juga melihat dari saat menghidupkan AC mobil, biasanya kompresor yang terdapat pada AC mobil akan berputar dan bergerak. Namun, bila kompresor AC mobil ini tidak bergerak maka kemungkinan freon AC mobil sudah habis.

Cara paling bijak agar AC mobil tetap dingin dan tidak perlu menambah freon adalah dengan melakukan servis rutin AC mobil setiap satu tahun sekali. Tujuannya selain menjaga AC mobil tetap optimal sehari-hari juga agar lebih cepat untuk mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak. Karena penyebab utama freon habis adalah adanya kebocoran pada AC mobil. Hal ini membuat freon AC mobil lebih cepat habis dan boros dalam penggunaannya.