19 April 2022 10:39 WIB

Mobil Listrik Hyundai Lebih Hemat Biaya Operasional Hingga 90%

Pada bulan Maret lalu, PT Hyundai Mobil Indonesia mendapatkan kunjungan dari Komunitas Mobil Elektrik Indonesia alias KOLEKSI. Komunitas KOLEKSI hingga kini, sudah mempunyai 65 anggota dengan berbagai ragam mobil elektrik. 

Namun yang membanggakan, sekitar 90% anggotanya adalah pengguna mobil elektrik Hyundai. Komunitas ini diketuai oleh Arwani Hidayat, yang membesut Hyundai Kona Electric. 

Baca juga: Silaturahmi Komunitas Mobil Elektrik Indonesia Ke Hyundai Simprug

Salah satu dampak yang paling terasa dalam menggunakan mobil elektrik Hyundai dibandingkan dengan menggunakan mobil pembakaran internal adalah hematnya biaya operasional dibandingkan mobil pembakaran internal.

Beliau menuturkan bahwa dibandingkan dengan mobil pembakaran internal, biaya operasional per kilometer untuk energi bisa berkisar di 20% saja. Hal ini karena biaya listrik rumahan seharga Rp 1.600,00 bisa mencapai jarak 8-10 km. Sehingga biaya per kilometer bisa mencapai Rp 200,00 saja.

Menurutnya, hal tersebut sangat kontras dibandingkan dengan mesin pembakaran internal dimana tergantung bahan bakar yang digunakan, bisa berkisar Rp 1000,00 sampai Rp 1.200,00 per kilometernya.

Hal tersebut baru biaya operasional saja, belum termasuk biaya perawatan. Saat diwawancara, Hyundai Kona milik Arwani sudah dipakai selama setahun lebih. Selama masa kepemilikan tersebut, beliau hanya mengeluarkan uang sebanyak Rp 350.000,00 untuk perawatan. Hal ini karena mobil elektrik tidak perlu melakukan penggantian seperti oli mesin.

Beliau menambahkan, tergantung jenis mobil yang digunakan, biaya yang dikeluarkan untuk operasional mobil elektrik bisa 1/6 sampai 1/10 nya mobil pembakaran internal.

Apa Hyundai Lovers tertarik juga untuk menggunakan mobil elektrik? Tenang saja, PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 3 pilihan yaitu Hyundai Ioniq Electric, Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq 5.

Ingin bertanya-tanya mengenai mobil listrik Hyundai? Kini juga sudah ada layanan Hyundai DITA yang bisa Hyundai Lovers akses pada https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.

 

Share