12 April 2022 11:01 WIB

Mobil Listrik Juga Memerlukan Pendinginan

Salah satu hal paling berbeda dari sebuah mobil listrik adalah tampilan mereka yang minimalis tanpa kehadiran grill besar.

Keabsenan grill ini bukan tanpa alasan. Tanpa grill, mobil listrik bisa mendapatkan aerodinamika yang lebih baik untuk mengurangi hambatan angin dan mendapatkan jarak tempuh yang lebih jauh.

Baca juga: Kenali Perbedaan Jarak Tempuh Masing-Masing Tipe Hyundai Ioniq 5

Hal ini karena mobil listrik tidak memiliki mesin pembakaran internal yang sangat panas yang wajib didinginkan seperti pada mobil lain.

Namun mobil listrik tetap memiliki ventilasi, bahkan seringkali ada ventilasi tambahan seperti Active Air Intake pada Hyundai Ioniq 5.

Mengapa mobil listrik masa depan seperti Hyundai Ioniq 5 tetap memerlukan ventilasi ini? Karena ingat, mobil listrik juga memerlukan pendinginan.

Pertama-tama, ada radiator kecil untuk mendinginkan baterai dari mobil. Baterai mobil listrik harus dijaga suhunya dan Hyundai Ioniq menggunakan pendingin cairan. Namun memang panasnya tidak akan sepanas mesin pembakaran internal sehingga radiatornya jauh lebih kecil.

Kemudian, beberapa komponen tetap memerlukan pasokan udara. Misalnya sistem AC yang memerlukan evaporator yang mendapat suplai udara segar untuk mendinginkan kabin.

Semoga, hal ini bisa menjawab rasa penasaran Hyundai Lovers akan mobil listrik Hyundai, mulai dari Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric.

Masih ada rasa penasaran yang belum terjawab? Yuk tanya melalui Hyundai DITA, layanan asisten digital terbaru dari PT Hyundai Mobil Indonesia yang akan membantu Hyundai Lovers menjawab pertanyaan seputar Hyundai.

Kunjungi Hyundai DITA pada link https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.