12 February 2021 08:07 WIB

Panaskan Mobil Sebelum Jalan Cegah Kerusakan Jangka Panjang

Setiap pagi, sebelum berangkat ke kantor untuk bekerja misalnya, ketika masuk mobil pasti mobil langsung dijalankan. Atau bahkan ketika sudah mau telat dan mepet jam masuk, setelah mesin menyala, bisa-bisa mobil langsung digeber agar cepat sampai tujuan.

Memang ketika sampai di tujuan dan pulang ketika sore, mobil tidak mengalami masalah sama sekali. Tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan gejala abnormal.

Tetapi, bila kebiasaan ini terjadi terus menerus, bisa terjadi keausan secara prematur pada komponen tertentu, terutama pada internal mesin.

Hal ini terjadi karena ketika mesin masih dingin, cairan-cairan terutama pelumas pada mesin belum mengalir sempurna.

Sebaiknya ketika hendak jalan, mobil dipanaskan terlebih dahulu, setidaknya sekitar 15 detik, karena mobil modern yang menggunakan injeksi tidak memerlukan waktu yang lama untuk dipanaskan.

Waktu tersebut sangatlah singkat. Sembari menunggu, bisa mengatur AC, menggunakan sabuk pengaman, dan mungkin menghubungkan ponsel ke sistem infotainment Hyundai yang besar dan canggih.

Hanya dengan belasan detik tersebut, maka mobil pun siap digunakan dan mengurangi kemungkinan kerusakan. Tetap perlu diingat bahwa mobil tidak bisa langsung digeber saat suhunya masih dingin.

Ketika suhu mesin sudah mencapai titik optimal, yaitu sekitar 75° C hingga 105° C, maka mobil bisa digunakan sepenuhnya.