Panduan Derek Mobil Transmisi Otomatis Tanpa Timbulkan Kerusakan
Banyak sekali perdebatan tentang boleh tidaknya mobil dengan transmisi otomatis/otomatik/matik diderek. Ini kaitannya dengan diderek atau juga biasa disebut di-towing dengan kedua ban terangkat dari jalan dan dua ban lainnya masih berada di jalan. Situasi ini terjadi dalam keadaan tabrakan, sehingga roda tidak selaras bekerja.
Saat dimana teknologi mobil masih konvensional, trik derek juga tak perlu kompleksitas. Namun kini, Hyundai Lovers akan terkejut jika mengetahui bahwa metode tali derek tidak dapat digunakan untuk mobil otomatik.
Cara Mudah Booking Test Drive Hyundai:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/mudah-dan-praktis-booking-test-drive-hyundai-bisa-di-rumah-anda
Pada sebagian besar mobil bertransmisi manual, karena girboksnya dilumasi penuh dengan oli di sistem internal, akan terjadi pelumasan di seluruh roda gigi dan komponen. Lapisan oli ini tetap ada, terlepas dari apakah roda gigi berputar atau tidak. Ini berarti sistem selalu terlumasi saat kendaraan ditarik atau didorong.
Namun pada transmisi otomatik, fakta yang terjadi adalah sebaliknya. Tidak sesederhana seperti cara kerja transmisi manual. Maka Hyundai Lover wajib berhati-hati.
Di dalam bagian dalam transmisi otomatik mobil, terdapat sesuatu yang disebut ATF (automatic transmission fluid). Cairan transmisi otomatik ini digunakan untuk melumasi roda gigi dan mencegah sistem dari kerusakan akibat gesekan dan pemanasan saat roda gigi bergerak.
Cairan di dalamnya mengalami perpindahan panas. Untuk menangani proses ini, radiator plus pompa bekerja selaras dengan kipas, untuk mencegah sistem menjadi terlalu panas di dalam. Jika kipas dan pompa tidak beroperasi dengan baik, peningkatan suhu dan (secara paralel) penurunan viskositas pelumas akan mulai mempengaruhi seal dan roda gigi di dalam mesin ini.
Saat mobil diderek dengan keadaan mesin mati, cairan ini berhenti bekerja, akibatnya akan terjadi kerusakan yang signifikan pada sistem transmisi. Jika diderek (ditarik) dengan roda penggerak yang berputar, walhasil roda, as roda, seal, komponen transmisi dan mesin itu sendiri akan berputar tanpa cairan transmisi.
Secara umum, Anda tidak boleh menderek atau bahkan mendorong mobil dengan transmisi otomatik bahkan dalam keadaan netral saat roda penggerak berada di tanah.
Namun, menderek mobil bertransmisi otomatik dapat dilakukan jika Anda mengangkat as roda (atau as roda) yang digerakkan keluar dari jalan. Inilah sebabnya mengapa mobil otomatik diderek dengan trailer flatbed atau dengan dolly yang mengangkat kedua roda penggerak dari tanah.
Artinya, Hyundai Lovers tidak boleh menderk dengan tali towing yang terpasang ke towbar biasa dimana keempat ban dibawa menggelinding dengan posisi transmisi netral (N).
Jika sudah terjadi, dan timbul kerusakan, segeralah membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya. PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki sejumlah jaringan bengkel yang bisa dijangkau secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact, atau bisa mengirisi form penjadwalan bengkel secara personal lewat link https://hyundaimobil.co.id/booking-service.