05 July 2024 08:00 WIB

Pentingnya Peran Seatbelt Pada Mobil Meskipun Ada Airbag

Mobil Hyundai masa kini tentu merupakan mobil yang aman dengan segudang fitur, salah satunya adalah airbag yang bahkan jumlahnya sudah semakin banyak di beberapa model mobil Hyundai di Indonesia.

Airbag sendiri akan mengembang dan memberikan bantalan empuk ketika terjadi tabrakan. Namun meski demikian, penggunaan alat keselamatan yang lebih sederhana juga tetap diperlukan, yakni sabuk pengaman alias seatbelt.

Baca juga: Bukan Mudah Ringsek! Crumple Zone Bantu Hyundai Modern Lebih Aman

Banyak orang tidak menyadari akan pentingnya seatbelt pada mobil. Banyak yang memilih tidak menggunakannya karena merasa tidak nyaman. Ada alasan lain yang sedikit menggelikan, yaitu “Buat apa pakai seatbelt, mobil kan sudah ada airbag”. Padahal seatbelt dan airbag bekerja secara bersamaan (tandem), menjadi duet yang saling mendukung keselamatan pengemudi dan penumpangnya. 

Ketika mobil mengalami tabrakan, seatbelt akan menahan pengemudi dan melepasnya secara perlahan. Pada mobil Hyundai fitur ini dinamakan pretensioner. Seatbelt pun akan menjaga penumpang pada posisinya dan airbag akan mengembang di saat bersamaan.

Ingin melihat promo Hundai? Silakan cek: https://hyundaimobil.co.id/promo

Jika seatbelt tidak digunakan, maka kemungkinan besar penumpang akan terlempar tidak terkontrol, mengenai bagian mobil lainnya. Meskipun airbag mengembang, kemungkinan besar penumpang akan meleset dan tidak mengenai airbag.

Hal inilah yang membuat seatbelt tetap penting digunakan meskipun mobil memiliki segudang fitur dan airbag. Selalu gunakan seatbelt dan jaga keselamatan ya, Hyundai Lovers!