22 November 2021 08:27 WIB

Performa Genesis G80 Electrified Ternyata Sangat Buas

Genesis G80 Electrified baru saja diumumkan sebagai kendaraan VIP resmi dari KTT G20 Bali yang rencananya akan diadakan pada kuartal IV tahun 2022. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Genesis G80 Electrified merupakan sedan yang juga ramah lingkungan.

Hal ini karena Genesis G80 Electrified adalah sebuah full size sedan yang 100% ditenagai menggunakan motor listrik. Sehingga, Genesis G80 Electrified bebas jejak emisi karbon ketika digunakan.

Baca juga: Genesis G80: Mewah, Unik Dan Full Electric

Berbekal baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh, mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Sehingga, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD.

Masing-masing motor listrik memiliki tenaga 185 Ps. Sehingga ketika ditotalkan, mobil ini memiliki tenaga sekitar 370 Ps. Sebuah angka yang signifika besarnya.

Lebih impresif lagi adalah figur torsinya. Karena, masing-masing motor listrik bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, Genesis G80 Electrified memiliki total torsi 700 Nm! Sebuah angka yang juga sangat besar untuk mobil ramah lingkungan. Apalagi jika mengingat torsi ini tersedia dari RPM 0.

Dengan figur impresif tersebut, Genesis G80 Electrified bisa berakselerasi dari 0 ke 100 Kpj dalam waktu 4.9 detik saja. Sangat cocok bila harus berakselerasi karena kebutuhan darurat, misalnya serangan kepada petinggi negara yang berada di dalam mobil.

Tentu saja semua tenaga tersebut akan percuma bila jarak tempuh mobil ini pendek. Tapi tenang saja, dalam kondisi terisi penuh, Genesis G80 Electrified bisa menempuh jarak hingga 427 Km.

Jarak ini bisa ditempuh karena beberapa hal, seperti kapasitas baterai, kemampuan regenerative braking, serta panel surya pada atap mobil. Panel surya ini sanggup mengisi daya baterai voltase tinggi dan voltase rendah sehingga bisa menambah jarak tempuh dan mencegah baterai habis total.

Kemudian, untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80% hanya perlu waktu 22 menit saja. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10% ke 100% memerlukan waktu 9 jam.

Uniknya, Genesis G80 Electrified memiliki fitur V2L (Vehicle-to-Load) yang artinya mobil bisa memberikan daya 220V kepada alat listrik lain. Bahkan, mobil ini bisa mengisi daya kendaraan listrik lain yang lebih kecil, misalnya motor listrik.

Memang Genesis G80 Electrified ini luar biasa. Ia tidak hanya mewah, tapi performa dan teknologinya juga luar biasa.

 

Share