27 December 2021 15:26 WIB

Persiapkan Kondisi Ban Untuk Perjalanan Jauh

Liburan akhir tahun tidak terasa sudah tiba. Namun ingat, ada beberapa pembatasan yang diberlakukan sehingga sebaiknya diperhatikan aturannya. Bila memungkinkan, sebaiknya tetap di rumah saja.

Biasanya pada momen seperti ini, perjalanan jauh sering dilakukan. Baik itu untuk rekreasi maupun kadang untuk keperluan pekerjaan. Apalagi perjalanan jauh dengan mobil yang kini semakin mudah karena banyak tol. Mobil Hyundai pun tentunya sangat nyaman digunakan untuk perjalanan luar kota maupun dalam kota.

Saat melakukan perjalanan jauh, kita seringkali tidak sadar bahwa ban bekerja dengan sangat berat. Apalagi tol antar kota di Indonesia seperti tol Trans Sumatera maupun Trans Jawa menggunakan beton.

Baca juga: Selalu Pastikan Baut Roda Terpasang Dengan Baik

Beton akan membuat ban sangat panas. Nah, panas dari ban ini yang bisa membuat ban menjadi kurang optimal. Sehingga, ada beberapa pengecekan yang perlu dilakukan sebelum perjalanan.

Pertama-tama, yang paling sederhana, pastikan kondisi tekanan ban cukup. Ceklah dengan saran yang berada di area pilar B, di sisi pengemudi, akan ada stiker mengenai rekomendasi tekanan ban.

Kemudian, bisa juga cek fisik dari ban, cek kedalaman tapaknya, lalu cek juga bila ban mengalami kebocoran maupun ada benjol yang berbahaya. Bila sudah tipis atau ada benjol, maka PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan penggantian dengan ban yang sama atau serupa.

Dengan pengecekan sederhana tersebut, maka bisa memastikan kondisi ban dan mencegah terjadi kejadian seperti pecah ban di perjalanan.

 

Share