05 November 2021 11:26 WIB

PRG Hyundai Kona EV Rally Car

Hyundai Lovers, bila kita melihat misalnya 20 tahun ke belakang, mobil listrik selalu dianggap sebagai sesuatu yang membosankan karena tenaganya yang kecil serta jarak tempuhnya yang tidak jauh. Maklum, teknologi mobil listrik belum sebaik masa kini.

Karena pada masa kini, mobil listrik malah menjadi tren, apalagi mobil listrik juga menawarkan beberapa kelebihan seperti torsi instan dan biaya yang rendah dalam menjalankannya.

Hyundai Kona Electric di Indonesia yang disediakan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia misalnya, dalam konfigurasi standar saja, akselerasi 0-100 nya didapat dalam 10 detik, sebuah angka impresif untuk sebuah SUV.

Ternyata hal ini bisa dibuat lebih baik lagi. Karena sebuah tim balap di New Zealand, yaitu Paddon Rallysport Group (PRG) telah membuat mobil rally berbasis Hyundai Kona Electric dengan tenaga 1.000 horsepower!

Tenaga ini hadir dari 2, 3 atau 4 motor elektrik, tergantung konfigurasi. Masing-masing motor bisa menghasilkan tenaga sebesar 295 Hp. Lalu, torsi yang dihasilkan bisa mencapai 1.100 Nm. Tentunya, Hyundai Kona Electric karya PRG ini menjadi penggerak semua roda alias all wheel drive.

Baca juga: Mobil All Wheel Drive Tak Boleh Salah Ukuran Roda

Berdasarkan informasi dari PRG, mereka mendapatkan ide ini pada tahun 2017. Kemudian, mereka mulai membentuk tim khusus pada tahun 2018 untuk mengembangkannya.

PRG merasa mobil listrik adalah salah satu lompatan untuk masa depan industri otomotif. Karena mesin pembakaran internal dirasa sudah mencapai puncaknya dan semakin sulit untuk dikembangkan lebih jauh. Sehingga, mobil listrik pun dinilai sebagai sebuah langkah baru yang harus dikembangkan.

Tentunya mobil ini jauh dari kata standar, namun tetap menggunakan sasis Hyundai Kona Electric yang diperkuat serta penambahan aspek keselamatan seperti roll cage untuk menghadapi medan rally yang ganas.

Uniknya, mobil listrik ini menggunakan transmisi seperti pada mobil lainnya. Yang membuatnya semakin unik, transmisi yang digunakan ganda dan dikontrol menggunakan paddle shifter.

Untuk suspensi, masih menggunakan model MacPherson yang dimodifikasi untuk kebutuhan rally. 

Biasanya, mobil listrik selalu dikaitkan dengan sesuatu bobot berat. Namun, mobil ini diperkirakan hanya berbobot sekitar 1.500 Kg, angka yang baik untuk mobil listrik.

Tentunya, membuat mobil seperti ini tidak mudah dan memang sangat berbeda dari Hyundai Kona Electric standar. Namun, tenaga Hyundai Kona Electric sebesar 136 Hp dan torsi besar 395 Nm dapat memberikan sensasi akselerasi yang luar biasa.

Foto: paddonrallysport