08 May 2021 14:23 WIB

Rem Tangan Elektronik Beri Ruang Lebih Di Konsol Tengah

Mobil Hyundai masa kini sudah banyak yang telah memakai rem tangan elektronik atau yang punya nama resmi Electronic Parking Brake (EPB). Fitur ini dipilih karena rem tangan elektronik menawarkan beberapa kelebihan, misalnya kemampuan mengaplikasikan rem secara otomatis.

Rem tangan elektronik juga mempunyai satu kelebihan yaitu menghemat tempat.

Hal ini bisa dicapai karena rem tangan elektronik tidak perlu koneksi secara fisik seperti rem tangan pada umumnya. Rem tangan normal mempunyai koneksi kabel untuk ke rem belakang serta mekanisme penahan saat rem diaplikasikan.

Rem tangan elektronik hanya menyambungkan input dari pengemudi yang kemudian diteruskan ke komputer, komputer akan menggerakan motor rem tangan untuk mengunci rem belakang. Alhasil koneksi yang dibutuhkan hanyalah beberapa kabel tapa mekanisme lain.

Karena ukurannya yang kompak, penempatannya pun bisa dipindahkan. Misalnya di Hyundai Santa Fe dan Hyundai Palisade, lokasi rem tangan elektroniknya ada di sisi kanan dashboard. Otomatis konsol tengah pun semakin lega.

Kelegaan ini pun dimanfaatkan untuk utilitas lain, misalnya penempatan cup holder atau holder smartphone dengan wireless charging sehingga lebih banyak fitur bisa ditempatkan dalam mobil Hyundai.

 

Share