27 September 2018 05:00 WIB

Sekarang Bisa Backup Data Whatsapp ke Google Drive Secara Gratis

Aplikasi WhatsApp tampaknya kian popular di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi berbagi pesan dan telepon ini sangat memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan siapapun yang memiliki aplikasi yang sama.

Untuk lebih melayani para penggunanya, belum lama ini Whatsapp mengumumkan kerja sama dengan raksasa mesin pencari Google. Nantinya Anda sebagai pengguna bisa menyalin (backup) semua data di WhatsApp ke Google Drive tanpa mengurangi kuota kapasitas penyimpanan yang tersisa.

Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 November mendatang dan khusus untuk pengguna Android. Hanya saja, Anda tetap harus segera memperbarui backup datanya dari sekarang. Karena semua backup yang tak diperbarui selama setahun ke belakang akan hilang dari Google Drive per 12 November nanti.

Google juga sudah menyebar e-mail pemberitahuan bagi pengguna Drive, meminta mereka melakukan backup data WhatsApp mulai sekarang. Backup yang dilakukan saat ini masih memakan kapasitas penyimpanan Google Drive, sebab kebijakan barunya belum dicanangkan.

Ini berarti Anda tetap harus memastikan kapasitas Google Drive masih cukup menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting. Data itu meliputi teks, foto, dan video yang Anda pertukarkan dengan teman di WhatsApp. Cara mem-backup data kita di WhatsApp cukup mudah, buka aplikasi WhatsApp di Android, pilih “Settings”, “Chats”, “Chat backup”, lantas “Back up to Google Drive”. Tentu saja Anda harus memiliki akun Google yang teraktivasi di smartphone.

Harap diingat jika data WhatsApp yang Anda backup tak akan terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end dari layanan pesan singkat ini. Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini bisa dibilang bermanfaat agar Anda tak perlu kehilangan data percakapan lama jika diperlukan di masa mendatang.

Ingat juga ya kalau kerjasama ini hanya khusus untuk pengguna smartphone berbasis Android.