17 June 2021 13:02 WIB

Sensor Hyundai SmartSense Diletakkan Dengan Tersembunyi

Hyundai Santa Fe merupakan SUV teranyar dan salah satu SUV tercanggih yang dirilis oleh Hyundai di Indonesia. Bukti kecanggihannya adalah fitur keselamatan Hyundai SmartSense yang bisa ditemui pada varian Signature, baik mesin bensin maupun diesel.

Fitur Hyundai SmartSense merupakan kumpulan perangkat keselamatan pasif yang berfungsi untuk mencegah kecelakaan daripada meminimalisir akibat dari kecelakaan. Misalnya fitur Forward-Collision Avoidance Assist atau FCA yang akan melakukan pengereman secara otomatis jika sistem memprediksi akan terjadi tabrakan.

Untuk memprediksi ini, sistem mempertimbangkan beberapa variabel. Misalnya kecepatan mobil dan objek di depannya. Untuk mengetahui keberadaan objek, maka diperlukan serangkaian sensor.

Umumnya, sensor ini bekerja seperti radar. Sensor ini akan menembakkan sinyal radio ke depan. Bila ada objek, sinyal tersebut akan terpantul kembali, maka sensor pun akan tahu bila ada objek lain di depannya, misalnya mobil yang sedang berhenti.

Maka, sensor pun harus ditempatkan di suatu tempat. Namun, tentu bisa merusak estetika mobil jika peletakannya tidak benar. Tetapi, tampilan Hyundai Santa Fe terlihat tidak memiliki sensor. Lantas, dimanakah sensor tersebut berada?

Sensor tersebut diletakkan di bagian kaca depan mobil, tepatnya di area spion tengah. Hal ini diambil karena lokasinya yang tepat serta tidak mengganggu estetika mobil. Selain itu, area tersebut tidak rawan terkena kerusakan, misalnya karena tertabrak.

Share