06 December 2022 09:08 WIB

Titik Dongkrak Harus Berada Di Posisi Yang Tepat!

Ketika ingin melakukan beberapa perbaikan pada mobil, misalnya mengganti ban karena bocor, tentunya mobil harus didongkrak agar ban bisa dilepas. Dongkrak pun tersedia pada bagasi mobil Hyundai.

Saat hendak mendongkrak, dongkrak diletakkan di bawah mobil, kemudian diputar untuk menaikkan mobil. Tapi tahukah Hyundai Lovers bahwa dongkrak harus berada di posisi yang benar?

Ya, karena, tidak semua bagian mobil didesain untuk menopang beban berat dari mobil, misalnya lantai. Ketika sembarang menggunakan dongkrak misalnya di area lantai mobil atau side skirt, maka akan menyebabkan kerusakan.Lebih parah lagi, mobil bisa saja jatuh dari dongkrak dan mencederai Anda.

Lantas, dimanakah posisi dongkrak yang benar?

Posisi dongkrak yang benar adalah pada tumpuan besi tebal pada sasis atau tulang sasis. Bagian ini lebih kuat dan bisa menahan beban mobil ketika diangkat dengan dongkrak.

Baca juga: Cover Bagasi Bukan Bukan Untuk Membatasi Ruang Bagasi

Kemudian, pada model dongkrak jepit seperti pada kebanyakan mobil, ada salah satu area las jepit yang bisa dimanfaatkan. Anda pun dapat menemui posisi dongkrak mobil Hyundai Anda di dalam buku pedoman perawatan kendaraan.

Dengan posisi dongkrak yang benar, maka mobil akan terhindar dari kerusakan dan dongkrak tidak akan menjatuhkan mobil.