25 May 2021 19:30 WIB

Transmisi Otomatis Kini Lebih Efisien

Sejak dulu, transmisi otomatis dihantui oleh sebuah stigma negatif yaitu boros bahan bakar. Hal ini memang benar jika dibicarakan sekitar 30 tahun lalu. Saat itu, transmisi otomatis masih sangat sederhana sehingga sangat tidak efisien dan menyebabkan mobil menjadi lebih boros dari varian manualnya.

Tetapi kini sudah berubah, transmisi otomatis masa kini sudah jauh lebih baik dan efisien, bahkan seringkali lebih irit daripada transmisi manual.

Ada beberapa alasan dibalik improvisasi ini. Pertama-tama, transmisi otomatis masa kini memiliki jumlah gigi yang lebih banyak. Hal ini memperbolehkan mobil untuk tetap berada di putaran mesin efisiennya. Misalnya Hyundai Santa Fe yang sudah menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Selain itu, kerjanya kini juga sudah lebih cepat. Ketika dulu transmisi otomatis memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan perpindahan gigi, transmisi otomatis masa kini jauh lebih cepat mengganti gigi, hal ini mengurangi kerugian tenaga.

Karena itulah mobil-mobil Hyundai masa kini sudah didominasi oleh transmisi otomatis. Selain nyaman, rupanya transmisi ini juga sudah sangat efisien. Apalagi pada variant tertentu seperti Hyundai Santa Fe dan Hyundai Palisade, transmisi otomatis bermodel Push Type membuat tampilan interior mobil lebih modern.

 

Share