20 May 2021 11:19 WIB

Tutup Radiator Bekerja Dengan Baik Ikut Jamin Mesin Sehat

Radiator mobil merupakan suatu komponen yang penting. Karena mesin menghasilkan panas yang besar, hal ini bisa berbahaya bila tidak didinginkan karena bisa melemahkan atau bahkan melelehkan logam yang menjadi bahan utama mesin.

Kerja radiator pun tidak ringan. Apalagi jika mengingat radiator bekerja pada tekanan tinggi, tekanan normal radiator bervariatif dari 4 hingga 30 Psi.

Dengan tekanan yang lebih tinggi dari tekanan atmosfer, maka titik didih cairan bisa lebih tinggi, membuat pendinginan menjadi lebih baik. Semakin tinggi suhu mesin dan cairan radiator, maka tekanan akan semakin tinggi.

Tutup radiator pun tidak bisa menggunakan sembarang tutup. Tutup yang digunakan adalah tutup yang kuat untuk mencegah tekanan keluar dari radiator dan membuat cairan radiator keluar yang mempengaruhi performanya.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa tutup radiator mobil Hyundai Lover selalu kencang. Bila ada tanda-tanda kekendoran, misalnya bergetar dan ada kerak air di sekitarnya dari air radiator yang meluap, maka kencangkanlah tutup tersebut.

Bila tidak, ada kemungkinan tutup mengalami kerusakan. Jika karena ‘faktor umur’, sebaiknya segera diganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Ingat, overheat itu merepotkan!