13 March 2024 08:00 WIB

Volume Terlalu Keras Mengundang Bahaya Saat Mengemudi

Mendengarkan musik sembari mengemudi memang menjadi salah satu hiburan terbaik dalam mobil dan juga salah satu yang paling aman. Apalagi jika mobil sudah dilengkapi kualitas suara yang jernih seperti dengan sistem audio BOSE pada Hyundai Stargazer X.

Namun mendengarkan musik ini sendiri ada batasnya, utamanya dalam bentuk volume suara. Karena bila mendengarkan musik dengan volume terlalu besar, ternyata terbukti berbahaya loh. Kok bisa? PT Hyundai Mobil Indonesia paparkan sedikit.

Alasannya adalah lagu keras bisa jadi mengganggu kesadaran akan keadaan sekitar. Misalnya Anda bisa saja tidak sadar bunyi klakson, atau bahkan bunyi benturan ketika misalnya menyenggol benda di jalan, misalnya kun (cone) lalu lintas.

Baca juga: Keluarga Makin Senang Berkat Infotainment 8 Inci Hyundai Stargazer

Selain itu, menurut sebuah penelitian di Kanada, volume lagu yang keras bisa memperlambat reaksi seseorang hingga 20%. Efek ini akan semakin buruk bila lagu yang didengarkan bertempo cepat yang bisa mempengaruhi denyut seseorang. Bisa jadi orang tersebut mengemudi dengan lebih cepat tanpa disadari.

Bahkan mengemudi dengan volume keras dianggap ilegal di beberapa negara. Karena hal ini dianggap sebagai distraksi, seperti mengemudi sambil menggunakan ponsel.

Sehingga, sebaiknya ketika berkendara, aturlah volume lagu Anda secukupnya, jangan gunakan volume berlebihan. Hal ini demi keselamatan Anda, dan orang kesayangan yang ikut menemani perjalanan.