10 August 2022 10:03 WIB

3 Bahaya Bila Menggunakan Minyak Rem Yang Salah

Rem pada mobil tidak bekerja sendiri. Rem pada mobil harus bisa menahan beban yang berat, hal ini menyebabkan rem pada mobil menjadi lebih kompleks karena memiliki media minyak rem sebagai penghantar gaya hidrolis untuk kekuatan pengereman.

Mobil Hyundai sendiri sudah dilengkapi dengan rem yang sangat mumpuni, misalnya dengan rem depan Ventilated Disc, serta perangkat keselamatan Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution agar performanya semakin baik.

Baca juga: 3 Cara Cegah Rem Blong Karena Brake Fade

Nah kembali ke minyak rem, terdapat beragam minyak rem yang tersedia di pasaran. Pembeda utamanya adalah penilaian yang didasari dari DOT.

Semakin tinggi angka DOT, maka minyak rem akan semakin tahan panas. Hal ini bisa membantu untuk mencegah rem blong. Namun, bukan berarti Hyundai Lovers bisa menggunakan minyak rem dengan nilai tertinggi atau yang lebih rendah pada mobil Hyundai Anda. Karena ada beberapa resiko bila menggunakan minyak rem yang tidak sesuai standar.

1. Selang Rem Pecah

Jika menggunakan minyak rem yang tidak sesuai standar, tekanan yang berbeda atau berlebih bisa merusak selang rem pada mobil. Hal ini akan berbahaya karena jika ada bocor kecil sekalipun, rem bisa blong karena kehilangan gaya hidrolis.

2. Overheat

Jika menggunakan minyak rem yang tidak sesuai standar, terutama yang memiliki nilai DOT lebih rendah, maka minyak rem akan mengalami overheat ketika digunakan secara terus menerus. Jika sudah overheat, maka minyak rem akan mendidih dan tidak bisa membantu mobil mengerem, rem pun akan blong.

3. Master Rem Rusak

Ketika menggunakan minyak rem yang tidak sesuai standar mobil, maka master rem juga bisa mengalami kerusakan. Alhasil, master rem tidak bisa menghantarkan minyak rem ke kaliper dan membuat rem blong.

Sehingga, direkomendasikan untuk menggunakan minyak rem sesuai standar. Anda bisa mengacu pada tutup master rem maupun buku panduan kendaraan Anda untuk mengetahui jenis minyak rem yang tepat bagi mobil Hyundai kesayangan Anda.

Ketika melakukan perbaikan rem juga, jangan main-main. PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan menggunakan layanan bengkel resmi Hyundai untuk penanganan terbaik. Anda bisa melihat jaringan dealer dan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact.