13 July 2023 09:27 WIB

Alasan Utama Mengapa Mesin Diesel Tidak Memerlukan Busi

Ketika kita bicara mesin pembakaran internal, ada 4 siklus yang harus dilewati mesin untuk melakukan proses pembakaran dan menggerakan mobil. Siklus tersebut adalah menghisap udara - mengkompresi - pengapian - dan membuang gas buang.

Pada mesin bensin, langkah ketiga yaitu pengapian (ignition) dilakukan oleh busi. Busi akan menghasilkan api kecil yang memicu ledakan karena adanya campuran udara dan bensin pada ruang bakar.

Namun mesin diesel tidak menggunakan busi, lantas bagaimana bisa mesin diesel melakukan pengapian campuran udara dan bahan bakar untuk menghasilkan tenaga?

Hal ini terjadi karena mesin diesel menggunakan prinsip Compression Ignition (pengapian kompresi). Dengan kata lain, pengapian campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar dilakukan oleh kompresi atau tekanan tinggi.

Hal ini juga yang membuat mesin diesel memerlukan bahan bakar berbeda. Bahan bakar diesel tidak bisa langsung terbakar jika terkena api. Namun jika memiliki tekanan, seperti disemprotkan dari injektor, apinya akan jauh lebih besar dari bensin.

Gabungan tekanan bahan bakar dari injektor serta tekanan udara yang tinggi di ruang bakar, maka mesin diesel seperti pada Hyundai Santa Fe mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang besar.

Apalagi pada mesin diesel masa kini seperti pada Hyundai Santa Fe, tekanan dari injektornya sangat besar sehingga mengoptimalkan pembakaran. Ditambah lagi mesin diesel terkini sudah memiliki turbo untuk mendongkrak tenaganya secara signfikan.

Gabungan tekanan tinggi, kompresi tinggi, serta turbo dapat membuat performa mesin diesel seperti pada Hyundai Santa Fe tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun kapasitasnya relatif kecil, yakni 2.2 L, Hyundai Santa Fe diesel mampu menghasilkan 202 Ps dan torsi 440 Nm. Impresif bukan?

Baca juga: Mengapa Kapasitas Mesin Tidak Pada Angka Bulat?

PT Hyundai Mobil Indonesia mengajak Anda untuk merasakan buasnya performa Hyundai Santa Fe maupun mesin diesel Hyundai lainnya. Anda dapat merasakannya dengan melakukan Test Drive.

Daftar Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia sekarang melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.