18 October 2023 09:29 WIB

Berapa Biaya Isi Daya Hyundai Ioniq 5?

Media sosial kini tengah dihebohkan dengan isu mahalnya biaya isi mobil elektrik pada SPKLU milik swasta. Hal ini pun menimbulkan perdebatan terkait mahalnya mobil elektrik. Tetapi apakah benar? PT Hyundai Mobil Indonesia ingin mengajak Anda menghitung biaya pengisian daya mobil elektrik.

Kali ini PT Hyundai Mobil Indonesia mengambil contoh Hyundai Ioniq 5 sebagai salah satu mobil elektrik paling laris di Indonesia. Untuk hasil paling mahal, maka model yang digunakan adalah Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range dengan kapasitas baterai 72.6 Kwh untuk jarak tempuh maksimal 451 km.

Untuk harga pengisian di SPKLU, biasanya berkisar Rp 1.650/Kwh sampai Rp 2.600/Kwh tergantung lokasi. Perlu diingat ada lokasi yang menerapkan tarif berdasarkan waktu juga tetapi tidak banyak. 

Mari asumsikan Anda menggunakan layanan per Kwh dan baterai benar-benar habis meskipun kasus seperti ini hampir tidak pernah terjadi sehingga perlu mengisi total 72.6 Kwh.

Baca juga: Aerodinamika Hyundai Ioniq 6 Untuk Jarak Tempuh Maksimal

Dengan asumsi biaya termahal dan pengisian benar-benar dari 0-100%, maka total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 188.760. Dengan uang tersebut, Hyundai Ioniq 5 bisa menempuh jarak hingga 451 Km. Jika dihitung biaya operasional, maka Hyundai Ioniq 5 hanya memerlukan biaya sebesar Rp 419 perak saja per kilometer.

Angka ini tentu bisa ditekan lagi dengan pengisian daya di rumah dimana biaya terendahnya bisa mencapai Rp 1.000/Kwh, belum lagi jika Anda menerima subsidi listrik karena menggunakan mobil elektrik, biaya isi penuh hanya mencapai Rp 72.600 saja.

Hal ini tentu memberikan keuntungan besar bagi Hyundai Lovers yang menggunakan mobil elektrik Hyundai. Perjalanan jauh atau perjalanan sehari-hari akan terasa jauh lebih hemat karena biaya operasional per kilometer yang rendah.

Tentu sebaiknya Anda merasakan terlebih dahulu sensasi berkendara Hyundai Ioniq 5 yang berbeda dibandingkan mobil biasa. Anda bisa melakukan Booking Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.