09 May 2021 16:29 WIB

Bukalah Ventilasi AC Untuk Sirkulasi Udara Di Dalam Kabin

Apakah Hyundai Lovers tahu bahwa ketika menggunakan AC mobil, mobil tidak mengambil udara dari luar tetapi justru meresirkulasinya? Hal ini dilakukan untuk menghindari bau tidak sedap masuk ke kabin, misalnya asap kendaraan. Mudah terlihat pada area konsol AC, terdapat tanda panah memutar sebagai tanda sirkulasi dan menutup udara luar masuk ke kabin. 

Sehingga udara yang dihembuskan adalah udara yang sudah ada dalam mobil. Blower motor AC mengambil udara dari balik dashboard untuk dihembuskan ulang.

Otomatis hal ini membuat udara dalam kabin seringkali tidak diperbaharui, masalah utamanya adalah kadar oksigen terus menipis tanpa terisi dengan oksigen baru.

Hal ini bisa diselesaikan dengan membuka jendela atau bahkan sunroof. Tapi, jika hujan, apakah ada cara lain?

Jawabannya mudah, ada mode sirkulasi udara pada mobil. Hal ini akan membuka ventilasi sehingga udara dari luar bisa masuk ke dalam kabin.

Ini juga berguna dalam perjalanan panjang, ketika tidak ingin membuka jendela, sangat disarankan membuka ventilasi agar udara baru bisa masuk ke dalam kabin.

Untuk itu, disarankan untuk sekali-kali membuka ventilasi AC mobil dengan menekan tombol sirkulasi, terutama jika mobil digunakan dalam jangka panjang.

Tapi lihat-lihat ya Hyundai Lovers. Jangan membuka tombil ini, ketika berada di belakang mobil bermesin diesel atau mobil dengan bawaan yang berbau tidak sedap. 

 

Share