21 July 2021 13:58 WIB

Transmisi DCT Hyundai Santa Fe: Cepat, Halus Dan Responsif

Transmisi pada mobil kini semakin beragam. Mulai dari transmisi manual yang memiliki pola gigi berbeda-beda, transmisi otomatis yang terus berkembang, hingga transmisi otomatis DCT alias Dual Clutch Transmission.

Sesuai dengan namanya, transmisi jenis ini adalah transmisi kopling ganda. Tetapi bukan berarti Hyundai Lovers akan menemui dua pedal kopling pada mobil. Melainkan, teknologi ini adalah teknologi transmisi otomatis yang memanfaatkan dua buah kopling.

Pada sistem ini, kedua kopling bekerja untuk 2 set gigi yang berbeda, yaitu gigi ganjil dan gigi genap. Sehingga, kopling akan selalu siap ketika akan terjadi perpindahan gigi.

Hal ini menyebabkan perpindahan gigi menjadi sangat cepat, bahkan bisa secepat kedipan mata. Karena perpindahannya cepat, maka torsi dari mobil akan selalu ada dan tidak terbuang ketika terjadi jeda penggantian gigi seperti pada transmisi biasanya.

Hal ini juga bisa membuat mobil menjadi lebih nyaman. Karena perpindahan gigi dari transmisi DCT terbilang halus. Lalu karena jedanya kecil, mobil tidak akan mengalami deselerasi mikro sebesar transmisi biasa, sehingga mobil tidak akan mengayun ayun.

Jika ingin merasakan teknologi ini, maka Hyundai Lovers bisa mencoba Hyundai Santa Fe 2.2 Diesel. Mesin diesel berkapasitas 2.200cc Hyundai Santa Fe yang dikenal sangat bertenaga ini disambungkan ke transmisi DCT 8 percepatan nan halus namun responsif. Memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Patut dicoba, Hyundai Lovers!

 

Share