18 January 2023 09:59 WIB

E-Corner System: Konsep Teknologi Terbaru Hyundai Ioniq 5

Ajang Consumer Electronic Show atau CES 2023 kembali diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Ajang ini kebanyakan memamerkan teknologi terbaru untuk konsumen seperti laptop, komputer maupun smartphone. Namun ada beberapa produsen otomotif seperti Hyundai yang turut serta meramaikan acara ini.

Garis besar dari Hyundai pada ajang CES adalah memperkenalkan teknologi yang diterapkan di mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yaitu sistem baru yang dinamakan Mobis System E-Corner.

Sistem ini dikembangkan oleh sub divisi Hyundai yaitu Hyundai Mobility Beyond Integrated Solution (MOBIS). Dengan sistem E-corner, maka keempat roda dari Hyundai Ioniq 5 bisa berbelok 90 derajat.

Hal ini tentunya akan memudahkan pengemudi ketika hendak parkir, terutama paralel karena tinggal “menggeser” mobil masuk ke ruang parkir tanpa perlu repot maju dan mundur. Fitur ini dinamakan “Crab Driving” karena mobil dapat berjalan miring bagaikan kepiting.

Selain itu, sistem ini juga memiliki beberapa fitur, misalnya Zero Turn dimana roda depan dan belakang akan berputar 45 derajat sehingga mobil mampu berputar 360 derajat, alias memiliki radius putar 0, cocok untuk di area yang sempit.

Kemudian, ada fitur “Diagonal Driving” dimana keempat roda dapat berputar hingga 30 derajat. Sehingga, mobil bisa berpindah jalur dengan cepat secara lurus.

Mode terakhir adalah “Pivot Turn” dimana roda depan tidak akan berputar, namun roda belakang akan berputar 90 derajat, memberikan sudut berbelok pivot seperti memutar troli belanja.

Sistem ini merupakan gabungan dari beberapa fitur lainnya, misalnya electric damper, brake by wire, steer by wire dan in-wheel motor. 

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Memerlukan 4 Cairan Utama

Fitur ini tentunya belum masuk fase produksi massal dan masih dalam tahap pengembangan. Rencananya, fitur ini akan mulai diperkenalkan ke kendaraan produksi massal pada tahun 2025. Menarik bukan Hyundai Lovers?