29 November 2022 07:32 WIB

Kabin Bau Bahan Bakar? Harap Perhatikan 3 Hal Ini

Pada mobil-mobil Hyundai yang kini dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia, kekedapan kabin adalah salah satu aspek kenyamanan terpenting. Tidak hanya mengenai kekedapan suara, tetapi juga kedap dari bau.

Bahkan, menurut penelitian Profesor Andrew Smith dari Fakultas Psikologi, Universitas Cardiff, bau tidak sedap dapat mempengaruhi psikologis seseorang ke arah yang negatif.

Bau dari luar memang umum masuk ke dalam kabin, misalnya ketika kaca terbuka atau pintu terbuka. Tetapi bau bahan bakar seharusnya tidak masuk ke dalam kabin.

Karena tangki bahan bakar dan sistem bahan bakar pada mobil merupakan sistem yang cukup tertutup sehingga bau menyengat dari bahan bakar tidak seharusnya masuk. Jika masuk, maka ada 3 hal yang sebaiknya dicek:

1. Kebocoran Selang

Salah satu hal yang harus segera di cek adalah kebocoran selang yang menyebabkan bahan bakar keluar dari sistem bahan bakar. Hal ini tentunya berbahaya karena dapat memicu api dan kebakaran. Coba cek area yang berbau menyengat dan apabila basah, bisa diduga terjadi kebocoran.

2. Seal Tangki

Pada kebanyakan mobil baru, tangki bahan bakar berada di tengah, biasanya dapat diakses dari bawah jok belakang. Pada area fuel pump, terdapat seal untuk mencegah bahan bakar keluar dan untuk mencegah bau bahan bakar keluar. Jika seal ini sudah kering, maka bisa saja menyebabkan bau bahan bakar masuk ke dalam kabin.

3. Katup Udara

Tangki bahan bakar memerlukan katup udara atau katup nafas untuk mencegah udara ikut tersedot oleh fuel pump. Jika katup ini tidak berfungsi, maka bau bahan bakar bisa saja keluar.

Baca juga: 3 Dampak Negatif Jika Tangki BBM Sering Kosong

Namun jika bau bahan bakar mendadak masuk kabin padahal sedang tidak berada di SPBU, maka segera hubungi jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia akan melakukan pengecekan mendalam pada sistem bahan bakar untuk memastikan tidak ada malfungsi.

Anda juga bisa melakukan Booking Service untuk menghemat waktu melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

Share