24 May 2019 05:00 WIB

Masih Perlukah Mengecek Emisi Kendaraan?

Setiap pemilik mobil tidak semua tahu apakah wajib atau tidak mengecek emisi secara rutin. Ternyata, disarankan untuk tetap melakukan pengecekan demi mengetahui kualitas dari mobil itu sendiri.

Melakukan uji emisi seharusnya wajib dilakukan secara rutin oleh para pemilik mobil hal Ini karena melakukan uji emisi sebenarnya membawa manfaat.

Intinya dengan melakukan uji emisi Anda bisa mengetahui kondisi atau masalah yang dialami oleh mesin. Saat uji emisi, ada sejumlah parameter yang keluar seperti CO, HC, O2, Lambda, dan AFR (Air Fuel Ratio).

Namun, yang menjadi fokus adalah CO dan HC. Utamanya karena  CO dan HC merupakan gas buang yang bersifat racun bagi manusia dan bisa menimbulkan beberapa penyakit.

Selain itu, HC dan CO merupakan gas sisa yang langsung mencerminkan kinerja mesin. Kalau CO tinggi, bisa berarti pembakaran kurang sempurna akibat kurangnya udara dalam campuran dengan bahan bakar. Sedangkan gas HC menunjukkan bahan bakar yang tidak terbakar.

Selain itu fungsi lain tentu akan mengirit bahan bakar serta mengoptimalkan tenaga mesin mobil. Selanjutnya lingkungan akan sehat karena udara bersih. Dan yang terakhir kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui.