23 January 2021 22:00 WIB

Mengapa Kini Jumlah Airbag Semakin Banyak?

Semakin sering kita membaca tentang fitur keselamatan mobil, maka ada 1 hal yang menarik perhatian, yaitu jumlah airbag yang terlihat semakin banyak dari biasanya.

Tentunya hal ini merupakan semacam evolusi dari dunia keselamatan mobil. Pada awalnya, memiliki sebuah airbag merupakan hal yang cukup maju. Namun kini, dua airbag sudah menjadi standar. Bahkan, beberapa mobil seperti Hyundai Santa Fe yang memiliki 6 buah airbag. Namun di Indonesia, khusus yang 6 airbag ini hanya ada di Grand Santa Fe.

Penambahan ini tentunya bukan tanpa alasan, karena komponen airbag sendiri bukanlah komponen sederhana melainkan cukup kompleks. Tentunya, tujuan utamanya adalah keselamatan penumpangnya, terutama pada kecelakaan tabrakan.

Pada kondisi tabrak depan, mungkin 2 airbag sudah mencukupi karena penumpang depan tidak akan membentur dashboard atau setir yang keras. Namun, bagaimana dengan tabrak samping atau arah lain?

Itulah mengapa airbag Hyundai Santa Fe bermodelkan seperti tirai. Dengan model seperti ini, bagian samping mobil akan menjadi empuk untuk mencegah cedera dari seluruh penumpang Hyundai Santa Fe.

Airbag juga akan menahan kepala dari “lemparan” yang terjadi. Karena jika tidak ditahan, cedera leher akan sangat mungkin terjadi kepada penumpang yang bisa berakibat sangat fatal.

Share