13 September 2021 09:24 WIB

Mengapa Mobil Listrik Bisa Berakselerasi Lebih Cepat?

Mobil listrik memiliki suatu keunggulan, yaitu akselerasi instan dan torsi tinggi dari RPM 0. Hal ini membuat mobil listrik memiliki akselerasi yang luar biasa.

Lalu..., setiap kali berakselerasi, mobil listrik pasti bisa berakselerasi lebih cepat dari mobil pembakaran internal. Selain karena torsi maksimal di RPM 0, ada alasan lain mengapa hal ini bisa terjadi. 

Apakah itu?

Pada mobil listrik, untuk memutar rodanya hanya memerlukan sebuah poros yang berputar berkat adanya medan magnet dalam motor listrik. Sehingga ketika pedal gas diinjak, komputer mobil hanya perlu memerintahkan baterai untuk memberikan daya ke motor listrik dan akselerasi pun terjadi.

Hal serupa tidak bisa dilakukan pada mobil pembakaran internal. Ketika gas diinjak, udara harus masuk terlebih dahulu ke ruang pembakaran, lalu bahan bakar masuk, pengapian, dan ketika terjadi detonasi, barulah tenaga keluar.

Sehingga mobil listrik seperti Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric tidak hanya ramah lingkungan, tapi masih bisa diajak untuk bersenang-senang dengan membejek pedal gasnya. Tapi tetap hati-hati berkendara ya.

Pahami dan kuasai mobil mobil electric, serta jangan lupa safely driving.

Share