29 May 2023 09:47 WIB

Mengapa Power Steering Terkadang Bisa Berat Mendadak?

Power steering dibuat dengan satu tujuan, yaitu membantu pengemudi agar semakin mudah dalam mengemudikan mobil. Tanpa power steering, mengemudikan mobil akan menjadi sangat sulit karena setir yang sebenarnya berat.

Mobil yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia pun sudah mengadopsi model terbaru dari power steering, yaitu Electric Power Steering alias EPS. Berbeda dari sistem konvensional, sistem EPS menggunakan sebuah motor elektrik dan controller untuk membantu pengemudi memutar setir.

Namun, terkadang sistem EPS bisa berat mendadak. Apa penyebabnya? Karena, sistem ini harusnya bekerja dengan konsisten.

Salah satu penyebabnya adalah pada aki. Jika aki dari mobil mengalami kendala, misalnya soak, hal ini akan membuat suplai listrik ke sistem EPS terganggu dan membuatnya sedikit lebih berat.

Karena dengan aki yang soak, maka alternator harus bekerja ekstra untuk mengisi listrik pada aki. Alhasil ada sedikit tenaga yang dikorbankan.

Baca juga: Cara Mudah Cek Jumlah Dan Kondisi Oli Mesin Hyundai

Karena itu jika sistem EPS mengalami masalah, boleh mencoba untuk mengecek aki. Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya langsung kunjungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk penanganan lebih lanjut.

Lakukan Booking Service di PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.