25 November 2022 11:11 WIB

Mengapa Tekanan Ban Berkurang Seiring Waktu Berjalan?

Biasanya, melakukan pengecekan tekanan ban secara berkala sangatlah direkomendasikan. Karena, tekanan ban seringkali menurun seiring berjalannya waktu. PT Hyundai Mobil Indonesia pun menyarankan untuk mengecek tekanan ban setidaknya sebulan sekali.

Biasanya, terjadi penurunan tekanan ban sebesar 1-2 psi per bulan. Memanglah tidak signifikan, tapi bila tidak dicek terlalu lama, ban bisa saja kekurangan tekanan ban.

Lantas, mengapa ban bisa kehilangan tekanan udaranya? Ternyata ada beberapa alasan:

1. Pori-Pori

Ban memiliki pori-pori mikroskopik pada area karetnya, hal ini sangatlah lumrah. Molekul udara yang sangat kecil bisa saja menembus pori-pori ini yang alhasil mengurangi tekanan ban secara perlahan.

2. Dudukan Ban

Terkadang ketika memasang ban pada velg, bisa saja ada sedikit kotoran atau ketidaksempurnaan yang mengakibatkan ban tidak duduk dengan pas pada velg. Ketidakpasan ini dapat menyebabkan sedikit rongga dan membuat tekanan ban berkurang dengan sedikit lebih cepat.

Baca juga: Apakah Penggunaan Nitrogen Pada Ban Jauh Lebih Baik?

Kedua hal tersebut merupakan penyebab utama tekanan ban bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Tidak bosan PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan mengecek tekanan ban setidaknya sebulan sekali

Share