04 April 2022 09:44 WIB

Mengenal Platform Mobil Listrik Masa Depan E-GMP Hyundai

Apa Hyundai Lovers tahu jika Hyundai adalah salah satu perusahaan dengan inovasi mobil listrik terbesar di dunia? Salah satunya Indonesia dimana Hyundai menjadi salah satu pemain terbesar dalam pasar mobil listrik dengan Hyundai Ioniq, Hyundai Kona Electric, dan baru-baru ini, Hyundai Ioniq 5.

Sebagai salah satu innovator mobil listrik terbesar, maka tentunya Hyundai tidak pernah berhenti berinovasi, salah satunya adalah dengan platform E-GMP alias Electric Global Module Platform.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Hyundai Dilengkapi Buffer Agar Makin Awet

E-GMP adalah sebuah platform yang digunakan Hyundai dalam mengembangkan mobil listriknya. Dengan satu platform utama, maka bisa menghasilkan beberapa model mobil listrik yang berkualitas sekaligus.

Caranya? Dengan melakukan perubahan sedikit pada platform, misalnya mengubah panjang dan wheelbase, sehingga satu platform bisa mengakomodir beberapa model bodi sekaligus.

Tujuannya? Hal ini akan mempermudah proses produksi dan pengembangan, sehingga Hyundai Lovers bisa menikmati mobil listrik Hyundai dengan harga yang lebih rendah.

E-GMP juga bertujuan untuk membuat kendaraan elektrik dari Hyundai lebih aman, stabil, serta dapat diandalkan oleh penggunanya.

Dengan E-GMP, maka mobil listrik Hyundai bisa memiliki performa yang luar biasa. Misalnya jarak tempuh hingga mendekati 500 Km dengan sekali pengisian daya, pengisian daya dengan cepat karena sistem Fast Charging 400V atau 800V, serta keselamatan karena rigiditas sasis serta pusat gravitasi yang rendah.

Platform ini sendiri sudah mulai digunakan pada model Hyundai baik pasar lokal maupun internasional, misalnya Hyundai Ioniq 5 yang baru saja dirilis, serta Genesis GV60.