14 June 2023 09:01 WIB

Mengisi Bagasi Mobil Ternyata Tidak Boleh Sembarangan

Mobil Hyundai yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia bisa dibilang sebagai mobil yang praktis dan fungsional. Bentuk bodi SUV dan MPV tentunya menawarkan ruang kabin yang lega, termasuk bagasi.

Pada bentuk bodi ini, seringkali bagasi diisi penuh sampai atap. Padahal, hal ini kurang optimal dan sebenarnya melewati batas aman.

Batas aman ketika mengisi bagasi mobil adalah setinggi sandaran jok baris kedua atau sampai batas jendela. Hal ini menyangkut beberapa hal terkait keselamatan seperti:

1. Resiko Barang Jatuh

Ketika mengisi bagasi sampai tinggi, maka ada resiko barang jatuh ke depan, yakni jok baris kedua. Karena, sandaran jok kedua juga bersifat sebagai tembok agar barang tidak bergeser ke baris kedua ketika terjadi pengereman.

2. Menutupi Pandangan

Ketika bagasi terisi penuh barang, maka pandangan dari spion tengah akan tertutup. Hal ini bisa berbahaya karena sulit melihat ke belakang dan bisa berpengaruh pada aspek keselamatan.

Baca juga: 8 Fitur Unggulan Hyundai Stargazer Agar Mudik Semakin Nyaman

Sehingga bila memungkinkan, sebaiknya tidak mengisi bagasi melebihi batas tinggi demi keselamatan. Bila terpaksa, pastikan barang ditata dengan aman, dikencangkan supaya tidak jatuh, dan berjalan dengan hati-hati untuk mencegah kecelakaan.