08 August 2022 08:46 WIB

Pentingnya Melakukan Kalibrasi Ketinggian Lampu

Apakah Hyundai Lovers pernah terbutakan saat malam hari karena silaunya lampu dari arah berlawanan? Mungkin hal ini sering terjadi ya. Hal ini biasa terjadi bukan karena intensitas dari lampu, melainkan karena sudut lampu.

Ketika sudut tembakan lampu cenderung ke atas, maka lampu akan langsung mengenai mata pengemudi di depan dan membuat seolah “terbutakan”. Karena itulah, lampu mobil biasanya cenderung menyorot ke arah bawah agar tidak membutakan pengendara lain.

Baca juga: DRL Mendongkrak Tingkat Keselamatan Hyundai

Sehingga, ketika melakukan perbaikan pada lampu, sekecil mengganti bohlam, perlu dilakukan kalibrasi pada lampu. Kalibrasi ini juga dilakukan untuk memastikan fitur Headlamp Leveling seperti yang dapat ditemui pada Hyundai Creta bekerja dengan baik.

Kalibrasi lampu dilakukan dengan menyalakan lampu dengan jarak tertentu ke sebuah bidang vertikal datar dengan garis. Ketika lampu menyala, cahaya lampu tidak boleh melebihi garis tersebut karena akan menyilaukan pengendara lain.

Kalibrasi ini juga sebaiknya dilakukan ketika terjadi modifikasi pada mobil, misalnya ditinggikan karena arah sorotan lampu pasti akan berubah.

Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia pun juga melakukan kalibrasi lampu untuk mobil yang melakukan servis di jaringan bengkel resmi untuk memastikan kinerja lampu dan Headlamp Levelling bekerja dengan baik.

Mau menghemat waktu dan mendapatkan jadwal perbaikan yang pasti? Yuk lakukan Booking Service. Apalagi, PT Hyundai Mobil Indonesia sudah memiliki layanan Booking Service secara online yang bisa diakses melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

Share