16 March 2022 09:59 WIB

Rem Karatan? Inilah Cara Mudah Menghilangkannya

Apakah Hyundai Lovers pernah melihat rem mobil mengalami karat ketika dibiarkan beberapa hari? Terutama area piringan rem alias brake disc. Tentunya mengganggu bukan? Karena membuat mobil seakan-akan tidak terurus.

Tapi tenang saja, hal ini sangat normal. Karena, disc rem mobil menggunakan material baja cetak. Baja ini tidak diberi lapisan agar bisa memberikan performa pengereman terbaik. Sehingga, terjadinya karat atau oksidasi pada permukaan sangatlah normal.

Baca juga: Demi Keselamatan: Cek 4 Aspek Utama Rem Mobil

Lantas, bagaimana menghilangkan oksidasi permukaan ini? Apakah memerlukan alat khusus? Atau apa perlu diamplas hingga hilang?

Ternyata, tidak. Caranya cukup dengan menggunakan mobil dan menggunakan rem saja, sangat mudah bukan?

Ketika mengerem, gigitan dari cakram dan kampas rem akan menjadi seperti amplas yang akan menghilangkan lapisan karat tersebut. Dengan semakin sering menggunakan mobil, maka karat atau oksidasi pada piringan rem tersebut akan hilang.

Dengan kata lain, salah satu cara merawat mobil adalah dengan menggunakan dan menikmatinya. Apalagi mobil-mobil Hyundai yang ditawarkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia kini sangat nyaman untuk dijadikan mobil harian.