11 February 2022 08:00 WIB

Rem Tangan Nyangkut? Ada Solusinya

Ketika parkir, Hyundai Lovers tentunya mengaktifkan rem tangan bukan? Apalagi pada sistem rem tangan elektronik seperti pada Hyundai Santa Fe, rem tangan bisa diaktifkan secara otomatis ketika mobil parkir.

Namun, ketika mobil diparkir untuk durasi lama, misalnya karena Anda harus dinas ke luar negeri dengan waktu lama, rem tangan mendadak nyangkut dan tidak mau terlepas, mobil pun jadi sulit bergerak dan rem menjadi panas.

Baca juga: Auto-Hold Hyundai Santa Fe Cegah Mobil Menggelinding

Salah satu alasan rem tangan bisa tersangkut adalah karena kotoran dan air. Kampas rem yang menempel seakan-akan tergabung dengan piringan rem, membuatnya tersangkut dan tidak mau lepas.

Solusinya? Tidak terlalu sulit. Salah satu hal termudah yang bisa dilakukan adalah memaksa mobil dengan menggoyangkannya maju mundur. Harapannya, kampas rem yang menempel akan terlepas.

Lalu, bisa juga dengan mencoba mengaktifkan dan melepas rem tangan secara terus menerus.

Bila tidak bisa juga dan rem masih menempel, dengan terpaksa harus memanggil mekanik atau memanggil mobil derek karena rem tangan yang tersangkut akan cukup berbahaya bila digunakan.

Tentunya, cara terbaik mengatasinya adalah dengan mencegah. Cukup lakukan perawatan rutin dan berkala untuk komponen rem tangan, memastikan tidak ada korosi di sistemnya.