18 November 2019 08:00 WIB

Sensuous Sportiness, Filosofi Desain Baru dari Hyundai

Pada bulan Agustus 2019 yang lalu, Luc Donckerwolke, Chief Design Officer di Hyundai Motor Group secara langsung mengutarakan arah baru dalam desain mobil-mobil Hyundai. Kali ini temanya “Sensuous Sportiness”. Filosofi ini pertama kali ditampilkan melalui Le Fil Rouge Concept pada tahun 2018 di Jenewa saat Geneva International Motor Show.

Di tahun 2019, filosofi desain baru ini muncul lagi dengan produk massalnya. Kali ini lewat Hyundai Sonata, sekaligus sebagai bentuk selebrasi di usia produksi yang telah menginjak tahun ke-13. Dan ini merupakan saat yang juga special bagi Luc Donckerwolke yang menjadi figur utama pengembangan desain di Hyundai Motor Group sejak 1 November 2018. Ia menggantikan posisi Peter Schreyer yang sebelumnya dikenal sebagai penanggungjawab pengembangan filosofi desain Fluidic Sculpture dan versi terbaru Fluidic Sculpture 2.0.

Sebelum bergabung dengan Hyundai di tahun 2015, Luc pernah berkarya bersama  Bentley dan Lamborghini. Jika menyebut Audi R8, Lamborghini Diablo VT 6.0, Lamborghini Murciélago, Lamborghini Gallardo, Bentley Flying Spur, dan Bentley EXP 10 Speed 6 merupakan sebagian dari karya Luc.

Tiga unsur yang terkandung dalam arah desain Sensuous Sportiness, yaitu aura kecantikan, nilai emosional, dan antusiasme. Sementara empat elemen yang terkandung di dalam Sensuous Sportiness itu sendiri menitikberatkan pada pengembangan proporsi, arsitektur, tampilan, serta teknologi yang ada pada desain kendaraan.