30 May 2022 09:49 WIB

Voltase Aki Yang Menandakan Aki Sehat

Aki seringkali menjadi penyebab mobil mogok. Mobil memerlukan voltase yang cukup tinggi untuk menyalakan mesin mulai dari motor starter, ECU dan lainnya. Sehingga diperlukan sebuah indikator untuk memastikan kondisi baterai dalam keadaan sehat.

Indikator tersebut adalah daya baterai berupa voltasenya. Voltase baterai yang baik pun biasanya bervariasi dari 12,6 sampai 14,4 Volt. 

Baca juga: 4 Penyebab Aki Cepat Habis

Pada kondisi mesin mati, maka voltase yang seharusnya adalah 12,6 Volt, ini adalah pada aki kondisi 100%. Namun selama masih mendekati 12 Volt, tidak terlalu masalah.

Kemudian, pada saat mesin menyala, voltase baterai akan meningkat dan berada pada kisaran 13,5 sampai 14,5 Volt. Hal ini karena alternator yang mendongkrak daya tersebut.

Jika alternator mengalami kendala, maka voltase tersebut akan menurun dan bahkan bisa berada sampai di bawah 12 Volt. Jika kondisi aki sudah lemah, maka seringkali berada di kisaran 11 Volt ke bawah.

Perlu bantuan terkait aki? Hyundai Lovers bisa memanfaatkan layanan Home Service untuk perbaikan ringan dari PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda bisa menghubungi jaringan terdekat PT Hyundai Mobil Indonesia yang tertera pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact.