15 January 2024 12:12 WIB

Dampak Salah Memasang Ban

Ban mobil yang ada di pasaran seringkali terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya dari pola tapak ban, ada ban yang simetris dan asimetris. Kebanyakan ban yang ada di pasaran pun kini merupakan model simetris, namun ada juga beberapa ban asimetris.

Ban asimetris dapat dilihat dalam bentuk yang tidak sama antara kiri dan kanannya. Ban asimetris juga seringkali memiliki arah sendiri.

Sehingga jika Hyundai Lovers menggunakan ban model asimetris, harus diperhatikan arah dari ban tersebut. Karena jika terbalik arahnya, ada beberapa dampaknya:

1. Suara

Ketika ban asimetris dipasang dengan terbalik, ada kemungkinan suara dari ban akan menjadi lebih bising. Hal ini karena ban mengalami arah tapak yang berbeda dari seharusnya dan berpengaruh terhadap suara.

Baca juga: Apa Makna Tanda Panah Tread Wear Indicator Pada Ban?

2. Performa

Ketika ban asimetris dipasang terbalik, performanya mungkin akan berubah. Namun pada jalanan yang kering, tidak begitu menjadi masalah.

3. Disipasi Air

Salah masalah terbesar ketika ban asimetris dipasang terbalik adalah kemampuan disipasinya ketika hujan. Ketika arahnya terbalik, ban mungkin sulit untuk membuang air sehingga bisa menyebabkan aquaplaning.

Karena itu ada baiknya selalu memastikan ban terpasang dengan benar. Pada ban asimetris, biasanya ada penanda seperti “outside” (sisi luar) atau “rotation” (rotasi) dengan arah panah, pastikan penanda tersebut berada di sisi yang benar.