25 December 2021 06:56 WIB

Keunggulan Sistem DOHC Pada Mesin Hyundai

Mesin pembakaran internal dari mobil-mobil Hyundai mulai dari SUV kompak Hyundai Creta hingga SUV full size Hyundai Palisade memiliki satu kesamaan, yaitu mengadopsi sistem DOHC dengan 4 katup per silinder dengan total 16 katup.

Meskipun kedua mesin tersebut sangat berbeda, mengapa sistem ini dipakai?

Karena sistem ini adalah sistem yang pas untuk mendapatkan performa terbaik, efisiensi terbaik, dan kompleksitas yang relatif rendah.

Perlu diingat, salah satu hal yang memberikan tenaga pada mesin namun sulit ditambahkan adalah jumlah udara pada mesin. Bahan bakar bisa dengan mudah ditambahkan ke ruang bakar. Namun udara? Tidak semudah itu.

Baca juga: Jadwalkan Booking Service Hyundai: Mudah, Hemat Waktu Dan Pasti

Dengan menggunakan katup lebih banyak, maka akan memberikan bukaan lebih besar yang bisa menambah volume udara. Hal ini nantinya akan menambah tenaga.

Pada saat dulu, mobil Hyundai menggunakan sistem SOHC dengan 2 katup per silinder. Hal ini sebenarnya sudah cukup baik, namun bisa ditingkatkan.

Selain volume udara masuk yang lebih besar, sistem 4 katup juga mengandalkan katup yang lebih kecil dan lebih ringan. Hal ini membuat mesin bisa berputar dengan lebih cepat, menambah tenaga dan mengurangi beban mesin.

Sistem 4 katup pun dipilih karena merupakan yang paling efisien dan tidak terlalu kompleks. Sehingga, tidak heran mesin mobil Hyundai seperti Hyundai Creta maupun Hyundai Palisade memiliki tenaga yang besar. Semua ini karena inovasi dan teknologi.